Kondisi Gawat, Dinkes Kumpulkan Semua Kabupaten Kota Korban Asap Riau Berjatuhan

14 Maret 2014 – 03.46 WIB 

 

Korban Asap Riau Berjatuhan
 
Kondisi Jalan sudirman Pekanbaru, Kamis 13 Maret 2014. f defrizal/riaupos
 
PEKANBARU (RIAUPOS.CO) – Akhirnya korban asap Riau pun berjatuhan. Informasi yang berhasil didata tercatat lebih  53.553 kasus penyakit akibat asap di Riau. Lebih  4 ribu jiwa mengidap penyakit mata dan kulit akibat asap tebal. Selain itu juga ada korban yang terserang penyakit inpeksi saluran pernapasan akut (Ispa) seperti terserang sesak napas, asma, paru-paru, bahkan juga jantung akibat. Sedangkan korban di kalangan  bayi yang baru lahir sedang dalam pendataan.

”Saat ini Diskes Riau sudah mencatat sebanyak 53.553 total kasus penyakit di Riau. Penderita penyakit mata akibat kabut asap mencapai 1.771 jiwa dan penyakit kulit sebanyak 2.376 jiwa. ”Kita menghimbau, selain menggunakan masker, masyarakat juga harus menggunakan kacamata dan baju berlengan panjang,”kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi 
Riau, Zainal Arifin kepada Riau Pos, Kamis (14/3) di Pekanbaru.

”Kami juga mengimbau kepada seluruh tempat pelayanan kesehatan, seperti puskesmas hingga rumah sakit harus menyiagakan diri atas dampak kabut asap. Sehingga, penanganan medis dapat dilaku kan secara maksimal,” ulas Zainal.

Menyikapi asap yang makin tebal, Dinas Kesehatan Riau mengumpulkan semua dinas kabupaten kota untuk membahas antisipasi bencana ini. ”Karena kondisinya sudah sangat mencemaskan, karena memang sudah total. Makanya, kami akan merapatkan ini, kita juga mengundang BLH dan satker terkait,” ujarnya.

“Nantinya hasil rapat tersebut akan direkomendasikan ke pak gubernur dan seluruh daerah lainnya. Jika memang PNS harus diliburkan, tentu untuk yang sifatnya pelayanan tetap dilaksanakan,” imbuh Zainal.(rio)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s