Empat Hewan dengan Kekekuatan Superhero

REPUBLIKA.CO.ID, Seperti Clark Kent yang terlihat seperti pria normal biasa, hingga ia menggunakan kostum biru-merah saktinya, hewan-hewan berikut ini pun memiliki kelebihan istimewa.

Mari kita tengok hewan apa yang bisa merasakan impuls elektrik di laut, juga hewan super apa yang bisa membuat ngadat sonar kelelawar, memiliki sistem pemetaan internal dahsyat ketimbang ponsel cerdas Anda.

1. Kumis Harimau

Harimau

 

Jauh dari sekadar biasa, kumis sang raja hutan ini lebih ampuh dan misterius ketimbang yang pernah dipikirkan orang. Mereka diisi dengan ujung-ujung syaraf sensitif yang membantu si empunya mendeteksi dari kejauhan dan perubahan di sekitarnya.

Ketika kucing besar loreng ini berburu, mereka akan melakukan terkaman mematikan: gigitan di arteri karotid mangsanya yang terletak di leher.

Begitu gigi harimau menyobek arteri tersebut, kumisnya akan maju ke depan merasakan leher mangsnya dan memastikan bila denyutan mangsanya telah hilang. Barulah setelah itu mereka menyantap buruannya. Sebagai predator, harimau memang dirancang menjadi mesin pembunuh, tapi mereka tidak brutal.

2. Kompas Merpati

 

 

Burung satu ini memiliki sebuah jam internal yang bisa membantu mereka menemukan jalan pulang.  Mengingat merpati piaraan tidak mencari makan sendiri, mereka terbang jauh dalam perjalanan spontan tanpa peta dan minus remah roti untuk membantunya kembali pulang.

Mereka menggunakan posisi matahari di langit. Selama bisa diindera, matahari menjadi pelengkap kompas magnetik internal mereka. Penggunaan konstan dua mekanisme tersebut sering disebut sebagai pergantian jam.

3. Bakat Beragam Platipus.

 

 

Mungkin Anda lebih melihatnya sebagai hewan lucu, tapi hewan unik ini memiliki beberapa kekuatan super yang mengejutkan. Platipus memiliki elektroresepstor yang membuat ia mampu merasakan impuls elektrik di lautan. Plus, hewan ini adalah sedikit mamalia yang bisa bertelur.

Kekuatan paling keren hewan tersebut sebenarnya tersembunyi, terletak di balik paha dekat tungkainya. Platipus jantan memiliki saluran racun yang tersembunyi dengan cerdas di balik selapis kulit tebal.

Racun itu dikeluarkan oleh kelenjar ketika hewan tersebut merasa terancam oleh kehadiran spesies asing. Venomnya terutama sangat berbahaya ketika musim berpijah dan selama ini terbukti korbannya–baik manusia dan anjing pemburu–mengalami sakit luar biasa akibat sengatan racun si paruh bebek itu.

4. Sistem Pertahanan Diri Bertoldia trigona

 

Itu adalah nama latin ngengat harimau yang baru-baru ini diketahui memiliki kemampuan memprediksi serangan kelalawar–predator utama serangga tersebut.

Kelelawar menggunakan teknik lokasi lewat suara, tipe deteksi sonar, untuk berburu di malam hari: kesaktian istimewa yang dimiliki kelelawar.

Tuhan memang Maha Adil. Mangsanya pun diberi kemampuan tak kalah mengagumkan. Memiliki habitat di barat daya Amerika Serikat, ngengat harimau ini mampu mendengarkan sinyal sonar yang dikirim oleh kelelawar.

Respons alaminya, ngengat langsung mengeluarkan 4.500 klik per detik yang ternyata berfungsi jamming, atau membuat macet aliran gelombang sonar.

Menurut studi yang dirilis oleh PLOS ONE, tingkat keberhasilan metode itu 93 % dan menyebabkan kelelawar yang tengah berburu terbang ke arah berlawanan. Ngengat harimau satu-satunya hewan–yang diketahui dalam sains–yang mampu mengukur dan menghadang sinyal sonar dari predator.

Iklan

2 Comments Add yours

  1. Iwan Yuliyanto berkata:

    Masya Allah, sungguh sempurna ciptaan-Nya

    Suka

    1. asafitriku berkata:

      sure, Allah is the best

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s